Jumlah Pemeluk Islam di Inggris Meningkat Selama 10 Tahun ini

Jika bukan atas takdir Allah, ini mungkin tak pernah terjadi. Meski semenjak tragedi 11 September banyak kaum Muslim di seluruh dunia ikut menjadi korban, namun dampak yang begitu mencengangkan, orang yang tertarik Islam semakin meningkat. Contohnya adalah di Inggris.

Harian The Independent, Selasa 4 Januari 2011, berdasarkan survei beberapa badan sensus di kerajaan itu menunjukkan, jumlah pemeluk Islam di Inggris meningkat dua kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir. Ribuan warga di Inggris setiap tahunbahkan dikabarkan mempelajari Islam dan selanjutnya menjadi mualaf.

Menurut Faith Matters, sebuah badan pemikir Islam di Inggris memperkirakan jumlah warga Inggris yang pindah keyakinan menjadi Muslim sejak satu dekade silam telah mencapai 100.000 orang.

Mereka terdiri dari badan swasta mandiri, karena badan sensus pemerintah Inggris tidak memiliki data apakah seseorang memeluk agama sejak lahir atau pindah agama.

Kabarnya, angka itu jauh lebih besar dibanding proyeksi sebelumnya, yaitu antara 14.000 sampai 25.000 jiwa. Setiap tahun, menurut badan ini, sedikitnya 5.000 orang menjadi mualaf.

Sementara itu suatu lembaga survei di Skotlandia mengungkapkan bahwa pada 2001, diperkirakan terdapat 60.699 warga Inggris beragama Muslim. Badan ini memperkirakan sebanyak 5.200 warga pindah ke Islam dalam setahun. Sedangkan menurut penelitian di Jerman dan Prancis, diperkirakan angka pemeluk Islam di Inggris setiap tahunnya adalah 4.000 orang.

Survei beberapa badan tersebut menunjukkan perbedaan jumlah. Namun, Direktur Faith Matters, Fiyaz Mughal, mengatakan bahwa perbedaan angka ini biasa terjadi karena menghitung jumlah umat yang berganti agama itu sangat sulit.

“Laporan ini adalah perkiraan angka yang terbaik berdasarkan jumlah sensus, data pemerintahan lokal, dan survei di mesjid-mesjid,” ujar Mughal.
Menariknya, penggambaran terhadap Islam serung negatif, ditambah beberapa pemerintahan di Eropa terus melakukan pengawasan ketat terhadap kaum Muslim,  justru tak menyurutkan ribuan orang Inggris dilaporkan ingin memeluk agama ini setiap tahunnya.

Menurut  Mughal,  justru di situlah  salah satu pemicu banyaknya orang ingin memeluk Islam. Banyak dari para pemeluk penasaran dengan apa itu Islam dan mulai mempelajarinya.

“Warga tertarik untuk mencari tahu apa itu Islam dan ketika mereka menemukan kenyataan yang berbeda dari yang mereka kira, sebagian tidak peduli namun sebagian lagi menyukai apa yang mereka temukan dan memeluknya,” ujar Mughal.

Menurut data pemerintah Inggris, sekitar dua juta warga beragama Islam atau tiga persen dari total populasi. Umat Islam merupakan kelompok jemaah non-Kristiani terbesar di Inggris.

Salah satu muallaf itu adalah Laura (22).  Ia mengubah namanya menjadi Uddin Aisyah saat memeluk Islam. Kini ia telah menutup auratnya, aktif belajar agama dan hadits.  Ia bahkan mengatakan bangga telah menjadi Islam.  “Saya bangga menjadi seorang Muslim,” ujarnya kepada BBB. (hdt/Fani)

author
No Response

Leave a reply "Jumlah Pemeluk Islam di Inggris Meningkat Selama 10 Tahun ini"