Siapakah Yang Layak Menyandang Gelar Pemuda?

Layakkah pemuda di zaman ini menyandang gelar sebagai pemuda ? Ketika banyak dari kita terlena akan hal-hal duniawi seperti pacaran, narkoba, miras, dan pornografi. Ketika banyak dari kita lupa akan masjid. Ketika banyak dari kita rela mengorbankan agama untuk dunia. Ketika banyak dari kita lupa akan Al-Quran dan mementingkan smartphone kita. Apakah masih ada harapan. Yang harus kita lakukan hanya membangun satu tekad dan melakukan tekad tersebut

Sosok pemuda bernama Muhammad yang dengan kelembutannya menghancurkan kejahiliyahan, yang dengan kasih sayangnya menghapuskan perbudakan, yang dengan kewibawaannya memimpin umatnya untuk tunduk kepada hukum Ilahi, yang dengan rasa kecintaannya memberikan syafa’atnya kepada umatnya di hari Kiamat kelak.

Pemuda  adalah mereka yang memiliki keimanan dan keyakinan yang kuat terhadap agamanya. Seorang pemuda tidak gentar dengan ancaman, gangguan, dan rintangan yang menghadangnya. Keimanan dan keyakinan yang kokoh adalah syarat utama seorang pemuda.

Pemuda adalah mereka yang memiliki rasa ingin tahu terhadap sebuah informasi. Ketika menemukan atau mengalami sesuatu yang baru, yang belum mereka ketahui, maka seorang pemuda bersegera untuk mencari dan menemukan apa sebenarnya yang terjadi dan apa manfaat atau hikmah dibalik peristiwa atau sesuatu yang ia temukan (alami).

Itulah proses yang kita kenal dengan  menuntut ilmu, maka dalam mencari ilmu janganlah sekali-kali mencampurkannya dengan perbuatan maksiat, apakah fikiran, ucapan, perbuatan, termasuk memakan yang haram. Sebab, makanan adalah sesuatu yang kemudian menajadi pengganti cairan dan energi tubuh. Jika energi atau anggota tubuh kita bersumber dari yang haram, maka ilmu yang merupakan kebenaran dan cahaya dari Tuhan tidak akan pernah bisa dicapai dan diperoleh.

Seorang pemuda hendaknya memiliki konsistensi yang tinggi dalam memegang teguh prinsip-prinsip yang telah diyakininya sesuai dengan ajaran agamanya. Pemuda bukanlah seseorang yang dengan mudah tergiur oleh indahnya godaan dunia yang hanya akan melunturkan aqidah dan keyakinannya terhadap ajaran agamanya.

Seseorang layak menyandang gelar PEMUDA dengan 6 hal ini :

Pemuda harus selalu menyeru kepada kebenaran
Pemuda harus mencintai Allah sehingga Allah mencintainya
Pemuda harus hatinya selalu terpaut dengan masjid
Pemuda harus saling mengingatkan dan saling melindungi dalam kebenaran
Pemuda harus berani mengorbankan harta, jiwa bahkan raganya untuk perjuangan islam
Pemuda harus selalu memenuhi janjinya kepada Allah

Itulah contoh pemuda sejati, pemuda yang penuh semangat dalam perjuangan Islam. Tidak ada kata lelah, hidup dan matinya hanya untuk Allah. Karena mereka menyadari bahwa kebahagiaan hakiki adalah ketika Allah mencintainya dan ia mendapatkan Ridho dari Allah SWT. Masa depan bagi seorang muslim sepatutnya difokuskan pada pencarian ridho Allah semata, karena inilah satu-satunya garis pembeda antara muslim dan non-muslim. Totalitas tujuan pada sang pencipta akan menghasilkan gairah luar biasa dalam menjalani kehidupan.

Referensi :

Hidayatullah.com

Dissmansa.blogsot.com

Sofyanhadi.blogspot.com

Mirajnews.com

author
No Response

Leave a reply "Siapakah Yang Layak Menyandang Gelar Pemuda?"