Antara Ujian dan Kwalitas Keimanan

banner 468x60

Setiap orang yang beriman, pasti ia akan mendapatkan ujian dari Allah. Karena Allah akan menguji seseorang sesuai dengan kadar keimanannya.

Dari Mush’ab bin Sa’id -seorang tabi’in- dari ayahnya, ia berkata,

Bacaan Lainnya

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ أَشَدُّ بَلاَءً

“Wahai Rasulullah, manusia manakah yang paling berat ujiannya?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

« الأَنْبِيَاءُ ثُمَّ الأَمْثَلُ فَالأَمْثَلُ فَيُبْتَلَى الرَّجُلُ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ فَإِنْ كَانَ دِينُهُ صُلْبًا اشْتَدَّ بَلاَؤُهُ وَإِنْ كَانَ فِى دِينِهِ رِقَّةٌ ابْتُلِىَ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ فَمَا يَبْرَحُ الْبَلاَءُ بِالْعَبْدِ حَتَّى يَتْرُكَهُ يَمْشِى عَلَى الأَرْضِ مَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ »

“Para Nabi, kemudian yang semisalnya dan semisalnya lagi. Seseorang akan diuji sesuai dengan kondisi agamanya. Apabila agamanya begitu kuat (kokoh), maka semakin berat pula ujiannya. Apabila agamanya lemah, maka ia akan diuji sesuai dengan kualitas agamanya. Seorang hamba senantiasa akan mendapatkan cobaan hingga dia berjalan di muka bumi dalam keadaan bersih dari dosa.” (HR. at Turmudzi, dishahihkan oleh Albani)

Maka marilah kita persiapkan hati kita untuk mengadapi semua bentuk ujian yang Allah timpakan kepada kita,  semoga kita termasuk orang-orang yang sukses melewati semua bentuk ujian tersebut dan beruntung meraih ridha Allah dan surgaNya yang luas seluas langit dan bumi.

Penyejuk Hati Radar TV : Ust. Agus Supriadi, Lc.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.