Penyebutan nama Ulul Albab dalam Al-Qur’an

4 comments 731 views

Penyebutan Ululalbab sebagai orang yang mendapat pengajaran dari kisah-kisah yang terdahulu. Di dalam Al-Quran nama Ululalbab adalah mereka yang mendapat pengajaran sebagaimana firman Allah Subhanahuwata’ala dalam Al-Qur’an:logo ulul albab lampung

“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi Ulul-Albab (orang-orang yang mempunyai akal.) Al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.” (QS. Yusuf [12]:111)

Dari kisah-kisah dalam Al-Qur’an, kemudian menyimpulkan satu pelajaran yang bermanfaat, yang dapat dijadikan sebagai petunjuk dalam mengambil keputusan di dalam kehidupan ini. Maka mereka dapat mengambil pelajaran dari apa yang dijelaskan di dalam Al-Qur’an, baik dari kisah-kisah, tafsir, peribadatan atau pun hukum suatu perkara dalam kehidupan sebagaimana firman-Nya:

“Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan Ulul-Albab (orang-orang yang berakal).”(QS. Ali Imran [3]:7)

(Posted By: Tim Pondok Pesantren Islam Ulul Albab Lampung)

 

author
4 Responses

Leave a reply "Penyebutan nama Ulul Albab dalam Al-Qur’an"