Ujian Lisan KMI Ulul Albab Melatih Mental Dan Rasa Percaya Diri Santri

img_0308ULULALBABLAMPUNG – Pada hari Sabtu (03/12), Ujian akhir Semester ganjil  Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) resmi dimulai. Ujian tersebut diawali dengan dilaksanakannya Ujian Lisan selama 3 hari sejak hari sabtu sampai dengan hari senin.

Sebelum pelaksanaan ujian lisan, sebenarnya pemanasan ujian akhir semester ini sudah dimulai beberapa hari sebelumnya dengan dilaksanakannya Ujian Tahfidz bagi seluruh santri Se Kuliyatul Mualimin Al Islamiyah Ulul Albab. Dimana semua santri wajib menyerkan seluruh target hafalan yang telah ditentukan oleh pihak kurikulum di unit KMI Ulul Albab.

Target hafalan yang harus disetorkan oleh masing masing santri adalah sebagai berikut:
Untuk unit I’dad Lughowi harus menyetorkan paling sedikit 1/2 Juz dari juz Amma, kelas 1 KMI 1/2 dari Juz 1, 2 KMI 1/2  dari juz 2, dan kelas Niha’i 1/2 dari juz 3 Al Qur’an.

Sementara Ujian Lisan yang ditargetkan selesai hari ini (05/12) bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan intelektual santri dan mengetahui hasil pembelajarannya selama satu semester, selain itu ujian ini juga bertujuan untuk melatih rasa percaya diri dan mentalitas para santri ketika berhadapan dengan para penguji.

Materi yang diujikan dalam ujian lisan terbagi menjadi 3 kelompok materi yaitu Fikih, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Sub Materi yang diujikan dari masing-masing kategori kelompok tersebut adalah: Fikih (nadzori, Amali, Hadits, Do’a dan Dzikir, Tahsin dan Tajwid). Bahasa Arab (Nahwu, Shorof, Balaghoh, Ta’bir, Muhadatsah, Tarjamah, dan Mutarodifat). dan bahasa Inggris (Grammar, Talking, Reading, Translation, Conversation, dan Vacabularies)img_0310

Dalam ujian lisan tersebut, jika para santri memiliki rasa percaya diri, mental, dan keseungguhan yang tinggi maka mereka akan menghadapinya dengan tenang dan nyaman. Namun jika para santri tidak mempersiapkan ketiga hal diatas maka bisa dipastikan mereka akan cenderung grogi, takut, bahkan lupa terhadap semua materi yang telah dihafalkan sebelumnya.

Pelaksanaan ujian lisan di PMDG mengikutsertakan seluruh guru dan santri. Seluruh sektor yang ada di PMDG pun ikut merasakan bagaimana suasana ujian yang sedang berlangsung. Kali ini, ujian pertengahan tahun diikuti oleh 3375 peserta ujian siswa kelas 1–5 KMI, 714 siswa akhir kelas 6 selaku pembantu panitia ujian dan 243 penguji dari guru-guru KMI. Adapun ruangan kelas yang dipakai untuk tepat menguji ujian lisan sebanyak 110 ruangan kelas yang seluruhnya tersebar di gedung Satelit, Yaqdzoh, Saudi 6, Sudan 1, Sudan 2, dan Rabithah. biibmufassir

Agar berjalan dengan lancar, maka Bagian Kurikulum KMI Ulul Albab melibatkan semua asatidz untuk menguji santri yang ada sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat oleh bagian kurikulum. (Ichsan)

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Ujian Lisan KMI Ulul Albab Melatih Mental Dan Rasa Percaya Diri Santri"